Monday, 7 March 2016

Rujak Cingur Surabaya


Rujak cingur salah satu makanan khas Surabaya. Namun keberadaannya sangat mudah dijumpai dimana saja. Penyebaran populasi orang Surabaya ke penjuru Indonesia turut serta membawa makanan ini menjadi sajian kuliner di tempat tinggal mereka. Orang Surabaya yang kangen rujak cingur tidak perlu ke Surabaya. Mereka bisa menikmati di kota mana saja. Asal mau berburu dan mencari tahu dengan telaten dan penuh perjuangan :D

Rujak cingur adalah salah satu kuliner warisan nenek moyang. Makanan ini dulu hanya dikonsumsi rakyat jelata di kampung-kampung. Penjualnya berkeliling. Seluruh bahan dan peralatan untuk membuat rujak cingur berada di rinjing bambu dan disunggi. Sekarang, penjual rujak cingur tinggal di suatu tempat giliran para pembeli yang mendatangi para penjual. 

Ada dua jenis rujak cingur, matengan dan campur. Rujak cingur matengan isinya tahu dan tempe goreng (dipotong dadu), cingur (dipotong dadu juga), sayuran (biasanya kecambah panjang dan kangkung yang direbus), mie rebus bumbu, lontong yang dipotong-potong lalu disiram bumbu. Kalau rujak cingur campur isinya sama dengan versi matengan tapi ditambah dengan irisan buah-buahan. Biasanya berupa bengkoang, nanas muda, kedondong, mangga muda, belimbing dan pepaya muda. Kalau versi campur ini porsi besar. Bisa buat dua orang.

Rujak cingur campur sebelum disiram bumbu.


Harga rujak cingur aslinya satu porsi Rp 20.00 - Rp 30.000. Mohon maklum cingur sapi termasuk langka. Harganya mahal di pasaran. Tapi tenang saja ada rujak cingur KW. Sebuah bahan dan cara pengolahannya sama. Hanya cingur sapi diganti dengan kikil. Harga jauh lebih murah Rp 9.000 - Rp 15.000.

Apakah cingur yang diganti dengan kikil tidak akan mempengaruhi rasanya? Tentu tidak. Kunci dari kelezatan rujak cingur ada di bumbu. Terutama petis. Kalau petis yang digunakan gurih akan lezat rasa rujak secara keseluruhan. Selama ini yang digunakan adalah petis Sidoarjo yang legit.

Foto : koleksi pribadi dengan menggunakan Asus Zenfone4   

No comments:

Post a Comment