Friday, 12 February 2016

Nasi Goreng Mawut


Nasi goreng mawut adalah salah satu varian dari klan nasi goreng Jawa. Kalau yang banyak beredar selama ini adalah nasi goreng klan masakan China. Mungkin nasi goreng Jawa ini adalah evolusi dari nasi goreng China yang lebih bisa diterima lidah orang Jawa. Nasi goreng Jawa tidak menggunakan saus tomat, hanya menggunakan kecap manis dan asin. Bumbu-bumbu yang lain sama dengan nasi goreng China. Hanya itu saja perbedaannya.

Kalau saya lebih suka dengan nasi goreng Jawa. Terutama ya mie mawut ini. Mawut dalam bahasa Jawa berarti acak adul atau berantakan. Mungkin karena makanan ini berisi banyak komponen kesannya jadi lebih 'berantakan'. Makanan ini sajian utamanya adalah nasi goreng dengan tambahan sedikit mie (sekitar 10% dari porsi nasi), sayuran berupa sawi, kubis dan kecambah panjang plus telur orak arik. Tentu saja kerupuk sebagai pelengkap.

Makan satu porsi saja, ditanggung pasti akan mengenyangkan. Beberapa penjual ada yang menambahkan sate jeroan sebagai tambahan. Ada juga yang tidak diberi telur orak arik namun diganti dengan telur mata sapi atau telur dadar. Semua pilihan lauk tambahan sama-sama tidak merusak cita sara nasi goreng mawut. Apalagi kalau dimakan malam hari yang hujan dan dingin. Muantap. Bikin makan makin lahap. Ditanggung pasti amnesia dengan diet :D.

Foto: koleksi pribadi dengan menggunakan Samsung Star

No comments:

Post a Comment