Thursday, 4 February 2016

Nasi Campur Tambak Bayan Surabaya

Nasi campur ayam Tambak Bayan 

Penduduk asli Surabaya pasti tak asing dengan Nasi Campur Tambak Bayan. Ibu yang mengenalkan pertama kali dengan makanan ini sewaktu saya masih SD. Saya jatuh cinta pada soun kecapnya. Sampai sekarang saya tetap cinta mati :D.

Saya dulu biasanya makan nasi campur Tambak Bayan di Jalan Pasar Besar Wetan atau di foodcourt Jembatan Merah Plaza 1. Kebetulan suatu hari saya, suami dan ibu saya sedang ada keperluan di Keputih dan kita kelaparan... Mau ke Soto Cak Har lagi ramai dan penuh parkirnya. Ya sudah kami memutuskan cari makan di daerah ruko klampis. Eh, ternyata ada nasi campur Tambak Bayan. Asyeeek tidak perlu jauh-jauh kalau lagi kemecer :D.

Penampakan dari depan di Ruko Klampis

Sebenarnya di depot Tambak Bayan tidak hanya nasi campur. Ada nasi pecel, rawon, sop konro, nasi kuning, soto makasar dan mie pangsit juga. Tetap saja nasi campur yang selalu jadi primadona. Nasi campur ada ayam atau daging. Satu piring terdiri dari lauk pelengkap berupa tempe bumbu bali, tahu bumbu kuning, telur dan soun goreng bumbu kecap. Plus sambal yang pedes nikmat. Perpaduan manis dan asin pada bumbu masakannya pas. Kaya rempah pada setiap masakan. Nasi campur ini ada dua varian, nasi biasa atau nasi uduk. Suami pesan nasi uduk. Nasinya gurih dan lembut. Lain kali kalau kesini saya akan pesan nasi uduk saja.

Satu hal yang saya suka selain rasa masakannya adalah lauk-lauknya tahan lama. Saya pernah beli sekitar jam 8 pagi. Saya baru sempat makan sekitar jam 5 sore. Semua nasi dan lauknya tidak bau. Soun kecapnya juga masih bagus. Mungkin ini karena proses memasak yang maksimal matangnya. Harganya antara Rp 25.000,- - Rp 35.000,- per porsi. Tergantung pilihan lauk utamanya.

Depot nasi campur tambak bayan yang di Pasar Besar Wetan buka dari jam 5.00 sampai jam 17.00. Kalau yang di ruko klampis ini buka dari jam 8.00 sampai 17.00. Bila Anda dari arah lampu merah Jalan Arif Rahman Hakim, nasi campur Tambak Bayan sekitar 500 meter di sebelah kanan. Kalau saran saya, lebih baik kesini pagi atau siang. Dari pada gigit jari harus balik tanpa makan karena kehabisan.

Foto : koleksi pribadi dengan menggunakan Asus Zenfone4

2 comments:

  1. Surabya gudang makanan enak! Yang satu ini kayaknya wajib di cobain

    ReplyDelete