Friday, 15 January 2016

Kue Rangin Gurih nan Lezat

Jajanan ini sudah ada sejak saya masih SD. Dulu, penjual kue rangin mangkal setiap hari di depan gerbang sekolah. Setiap istirahat menu utama saya adalah rangin. Sehari tanpa rangin hidup serasa hampa. Halaah :P Para penjual rangin membawa dua kotak tanggung yang dipikul di bahu. Satu kotak untuk tempat kompor dan cetakan. Satu kotak lagi untuk tempat adonan dan kotak kaca untuk rangin yang sudah matang.

Kue rangin ini terdiri dari adonan terigu dan parutan kelapa yang dicampur lalu dipanggang di cetakan. Cukup unik cetakannya. Bentuknya mirip dengan cetakan kue pukis tapi lebih kecil dan ramping. Satu cetakan biasanya ada dua baris. Perbarisnya berisi 10 biji. Harganya sangat murah Rp 500-1.000/baris.

Kalau saat ini, penjual rangin sudah mulai jarang. Namun jika Anda di Surabaya. Penjual rangin banyak dijumpai di sekitar Taman Bungkul Jalan Darmo. Saya punya langganan di pinggir jalan daerah jalan Ketintang Madya, persis di belakang gedung Jawa Pos lama. Adonannya sangat lembut dan rasanya gurih. Sekali mencicipi dijamin Anda akan makan terus hingga kenyang baru bisa berhenti

Foto: koleksi pribadi dengan menggunakan Asus Zenfone4


No comments:

Post a Comment