Wednesday, 18 November 2015

Belanja Kain Kiloan di Pasar Ampel Surabaya



Kawasan Ampel Surabaya selama ini identik dengan Masjid Ampel dan Sunan Ampel. Padahal disana ada wisata belanja dan wisata kuliner yang bikin ketagihan. Pasar Ampel berada di kawasan kampung Arab Surabaya Utara. Pasar ini berada di dalam gang-gang kecil yang ada di kawasan kampung Ampel. Antara toko dan rumah biasa bercampur jadi satu.

Pada awalnya hanya beberapa penjual makanan dan aneka toko yang menjual perlengkapan ibadah. Mereka berjualan untuk melayani kebutuhan yang beribadah di Masjid Ampel. Seiring perjalanan waktu, pengunjung masjid Ampel semakin banyak. Aneka barang dan makanan semakin beragam. Maka kampung Ampel menjelma menjadi pasar besar. 

Aneka jenis kuliner tersedia di sini. Masakan indonesia lengkap. Namun yang paling dominan adalah masakan timur tengah. Wajarlah, kampung kampung Ampel ini juga terkenal sebagai kampung Arab. Banyak tersedia nasi kebuli, nasi magali, kambing guling, lontong bumbu, pukis Ampel, uthuk-uthuk, kopi Arab, dan teh rempah. Lain waktu saya akan bahas kuliner. Sekarang, fokus ke wisata belanja.

Aneka jenis kurma

Pasar Ampel tersohor sebagai pusat oleh-oleh haji dan umroh yang lengkap dan murah. Ada baju koko aneka model, sarung, mukena, sajadah, air zam zam, kurma, aneka kacang, kismis dan aneka coklat produksi Timur Tengah tersedia lengkap. Aneka gamis, hijab, asesoris wanita dan pria juga banyak tersedia. 

Namun ada wisata belanja unik di sini. Kalau biasanya kita membeli kain dengan satuan meter. Ada beberapa pedagang di sini yang menjual kain dan jilbab dengan satuan kilo. Ini nih yang seru. Terkadang satu kilo hanya mendapat kain 1 meter. Namun ada kalanya bisa sampai 2 meter lebih. Tergantung jenis kainnya. 

Sholat diantara barang dagangan

Sayangnya, tidak banyak penjual kain kiloan. Saya ketemu secara tidak sengaja di wilayah tengah Pasar Ampel. Kain aneka motif digeletakkan begitu saja. Anda harus benar-benar jeli dan paham tentang jenis dan harga kain. Bagi Anda yang tidak terbiasa berbelanja kain, tidak disarankan membeli dengan cara kiloan.

Setelah Anda memilih kain. Tanya dulu harganya. Kalau memang cocok baru Anda minta untuk di 
timbang. Seorang teman yang berpengalaman, menyarankan untuk menimbang semua kain yang kita beli langsung semuanya. Harga totalnya lebih murah. Sebelum menimbang, pastikan dulu mata sudah puas melihat dan memilih. Daripada selesai bayar, eh... ketemu kain yang bagus. Mau belanja murah nanti malah jadi boros. 

Kalau hanya ingin berbelanja di sini. Ada bisa masuk lewat Jalan Sasak. Ada beberapa pintu gang. Anda bisa langsung masuk dari pintu yang mana saja. Selamat bersenang-senang berburu kain kiloan.

Foto: koleksi pribadi menggunakan Canon EOS50D


No comments:

Post a Comment