Pantai Bale Kambang Malang Selatan


Bagi Anda yang sedang mudik di Malang atau sekitarnya. Ingin jalan-jalan namun malas bermacet ria di wilayah Batu. Ada pantai bagus di Malang Selatan sebagai alternatif tempat wisata.

Pantai Bale Kambang berada di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur. Sekitar 70 km dari pusat kota Malang. Pantai berpasir putih yang cantik dengan lebar 200 m dan bentangan karang laut sepanjang 2 km. 

Ada tiga pulau kecil didekat Pantai Bale Kambang, yaitu Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Di Pulau Ismoyo terdapat Pura Amertha Jati. Penampakan Pulau Ismoyo mirip dengan Tanah Lot di Bali. Ada jembatan beton yang menghubungkan bibir pantai dan Pulau Ismoyo. Pengunjung bisa nyaman menyeberang tanpa takut dengan ombak besar. 

Pura Amertha Jati atau Pura Ismoyo merupakan pura Hindu. Pura ini dibangun oleh Bupati Malang Edi Slamet pada tahun 1985. Pantai ini biasanya ramai ketika dilakukan upacara Jalani Dhipuja dan upacara Suroan. Umat Hindu melaksanakan upacara Jalani Dhipuja pada tiga hari sebelum Nyepi. Puncak upacara ini adalah upacara Jolen Larung, yaitu melarung persembahan ke laut. Sedangkan upacara Suroan dilakukan masyarakat sekitar Bale Kambang mulai malam 1 suro atau 1 muharram hingga keesokan hari. 

Atap Pura


Ada banyak tempat makan berjajar di sepanjang pantai. Hampir semua tempat makan di sini lengkap dengan kamar mandi dan mushola. Makan hidangan laut nan lezat dengan lesehan sambil menikmati pantai, tentu bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. 

Bagi Anda yang ingin bermalam, ada beberapa tempat penginapan yang murah dan nyaman. Setiap akhir pekan banyak tenda yang berjajar di sepanjang pantai. Bagi para muda mudi lebih memilih menginap di tenda atau mobil. Para pengunjung bisa leluasa parkir mobil atau motor dekat pinggir pantai. Tidak ada larangan menginap di mobil. Asal jaga sendiri keamanan kendaraan dan barang-barang Anda.

Main pasir sepuasnya


Kalau tidak bawa baju ganti. Tak usah kuatir bila ingin main air di laut. Ada banyak penjual kaki lima yang menyediakan aneka model baju mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, Anda harus berani menawar. Kadang kala ada pedagang yang sengaja memasang harga tinggi. 

Akses jalan ke Bale Kambang sangat nyaman. Jalan aspal mulus terawat dengan baik. Anda bisa lewat Kepanjen atau Gondanglegi. Sayangnya, tidak ada angkutan umum yang bisa sampai ke Pantai ini. Maklum, harus menembus hutan dan bukit berkelok untuk bisa sampai kemari. Perjalanan hanya bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi. Anda bisa sewa mobil atau motor di Malang. Kalau ingin lebih murah, Anda bisa menyewa angkutan desa. 

Pasir putih di sepanjang pantai yang bersih



Liburan Anda pasti seru! Setelah memanjakan mata dengan hamparan hijau hutan berkelok-kelok, lanjut menikmati hamparan pasir putih pantai. Satu lagi... hanya di Pantai Bale Kambang ada prototipe Tanah Lot. Segera atur rencana Anda kesini dan nikmati liburan tak terlupakan.   

Foto: koleksi pribadi menggunakan Samsung Star edit foto menggunakan Asus Zenfone4

Komentar