Monday, 16 February 2015

Getar Asa Negeri Sakura: Kumpulan Kisah Penuh Hikmah

Judul : Getar Asa Negeri Sakura: Kumpulan Kisah Penuh Hikmah
Penulis: Komunitas FLP Jepang
Editor : Ahmad Fahrie 
Penerbit : Zikrul Remaja
Tahun : 2007

Tinggal di mana kita menjadi warga minoritas selalu memberikan banyak kisah unik. Beberapa warga negara Indonesia mendapat kesempatan untuk tinggal di Jepang. Sebagai warga asing dan kebetulan seorang muslim, membawa konsekuensi yang tidak mudah. Masalah sekolah, pekerjaan sampingan, tempat tinggal, kehidupan bertetangga, sholat dan makanan halal suatu hal yang biasa dalam kehidupan sehari-hari. Namun bagi penulis menjadi urusan yang menarik dan kadang berliku. Saya menyebutnya, butuh ekstra sabar dan kecerdikan untuk menyiasatinya. 


20 penulis Forum Lingkar Pena (FLP) Jepang menuangkannya dalam aneka cerita pendek yang mengesankan. Tidak memelulu tentang adab Islam yang mereka tuturkan. Ada tentang pengalaman menghadapi badai dan juga menyiasati aneka pilihan transportasi. 

Saya mengganggap buku ini paket lengkap. Semua aspek kehidupan selama di Jepang mendapat porsi pembahasan. Tidak ada tumpang tindih tema antara tulisan yang satu dan lainnya. Buku ini juga dilengkapi berbagai informasi tentang cara mendapatkan beasiswa di Jepang. Meski terbitan lama, namun berbagai info di buku ini masih relevan untuk dijadikan sumber rujukan.

No comments:

Post a Comment