Sunday, 2 March 2014

Lusi Lindri

Judul : Lusi Lindri
Penulis : Y.B. Mangunwijaya
Tahun : 1994

Seri ke 3 dari trilogi Roro Mendut versi asli, cetakan tahun 1994. Saya dapat buku ini hadiah dari seorang teman januari lalu. Saya paling suka dengan seri yang terakhir ini. Lusi Lindri anak Genduk Duku dikisahkan menjadi pasukan Trinisat Kenya (pasukan elit khusus wanita pengawal Amangkurat). Dia bersuamikan seorang mata-mata Mataram untuk Batavia. 

Buku ini lebih dinamis dari dua buku sebelumnya (Roro Mendut dan Genduk Duku). Meski unsur percintaan masih bertebaran, tapi dunia kemiliteran dan spionase membuat buku ini jadi lebih menarik. Menantang dan mencabik-cabik saraf penasaran. Satu hal yang saya suka dari buku ini adalah kehalusan Romo Mangun mengisahkan (maaf) adegan ranjang. Meski yang paling panas sekalipun (Lusi Lindri dan Hans) disajikan dengan sangat halus, menggunakan bahasa kiasan yang kaya makna. Menggetarkan dalam porsi yang secukupnya. 


Saya belajar banyak kosakata baru dalam buku ini. Dari awal hingga akhir buku ini juga mengupas intisari Kama-Ratih yang lumayan detil ehem… *merona*. Salut pada teman yang berhasil menebak selera saya dengan menghadiahkan buku ini. Terima kasih teman, kau tahu yang aku mau.

No comments:

Post a Comment