Tuesday, 25 September 2012

Gempa Semalam


Suatu hari saya bercerita tentang gempa bumi pada anak-anak pengunjung Taman Baca. Anak-anak yang datang segera berkumpul. Saya mulai bercerita dengan menggunakan media buku ensiklopedia tentang gempa bumi. Seperti biasa, saya menggunakan metode komunikasi dua arah. Anak-anak saya bebaskan untuk menyela atau bertanya ketika saya bercerita.

Pada saat pembahasan tentang gempa vulkanik dan tektonik, saya bercerita tentang penyebab semua benda bergoyang ketika gempa. Tiba-tiba seorang anak umur 6 tahun nyeletuk
            “Eh, tadi malam loh ada gempa.”
            “Gak ada. Aku nggak terasa, kok” anak-anak yang lain mulai ribut.
            “Kereta api lewat, kali.” saya menengahi. Maklum, mereka memang tinggal di perkampungan yang berjarak sekitar 5 meter dari rel kereta api.
            “Bukan, mbak. Nggak ada bunyi kereta. Malam-malam. Aku sampe bangun.” si anak berbicara serius. Saya tahu dari tatapan matanya, dia jujur. Saya bimbang. Jangan-jangan benar ada gempa semalam dan kami semua tidak merasa.
            “Trus... serumah keluar semua?” saya bertanya penasaran
            “Nggak. Kan pas tidur tuh, kasurnya goyang-goyang. Aku bangun, kan. Aku panggil Mama. Ma... gempa... ma. Lampunya mati. Aku kan takut. Trus kata Mama nggak apa-apa cuma bentar. Aku disuruh tidur lagi. Ya uwis aku tidur lagi. Wong aku ngantuk banget.“ saya tersenyum simpul memahami ceritanya.
            “Ya sudah. Cuma bentar to. Nggak bahaya kalau gempanya cuma sebentar. Pantesan kita semua nggak terasa ya.” saya tersenyum simpul. Lalu mengalihkan anak-anak dari cerita ‘gempa semalam’.

Mungkin pembaca sudah menebak apakah gerangan ‘gempa semalam’ itu? 

Anak tersebut memang tinggal di rumah petak hanya ada satu kasur. Mama, Papa, dia dan dua kakaknya biasa tidur bersama-sama. Yah, begitulah kondisi yang ada. Dalam hati saya sangat bersyukur sewaktu anak bangun kondisi kamar gelap. Si anak tak perlu melihat pemandangan yang belum boleh dilihat anak seumurnya

Semoga mereka segera bisa pindah ke rumah dengan kamar orang tua dan anak terpisah. Aamiin.

Katanya... Orang Kaya

Nyonyah: Jah, kamu belanjanya di supermarket depan komplek ya. 
Ijah : Jauh, Nyah. Yang di blok sebelaj aja.
Nyonyah: Eh, Jangan! Depan komplek aja.
Ijah : Aduh, Nyah. Kan Sama aja, di blok sebelah juga ada barangnya (menunjuk daftar belanja)
Nyonyah: Udah, Jangan cerewet! Di depan komplek. Jangan lupa kupon undiannya. Semoga dapat motor... Pengen banget motor itu (wajah berbinar-binar)
Ijah : Kalau pengen motor ya tinggal beli aja. Wong beli mobil aja bisa, masak beli motor nggak bisa. Katanya Orang kaya... Uangnya banyak...
N: Ijaaaaaaah *#+@!#$%^&*(_+

Sunday, 23 September 2012

Bulan

Ijah sedang bengong di taman belakang.
N: ngapain kamu?
I : liatin bulan. Bagus bener bulannya. Bunder... Cantik... 
N: iih. Dari jauh aja keliatan cantik. Aslinya sih benjol2... Jerawatan 
I : Sama klo gitu
N: Sama apa?
I : Sama kayak wajah nyonyah
N: ijaaaaaaaaaaaah *#@+$*#

Nabung

Nyonyah pulang dengan membawa mobil Baru.
Mobil kayak gini belinya
I :pake uang seberapa ya, Nyah?
N:segerobak
I :ooo...kalau buat beli truk. Pake uang seberapa?
N: segudang
I : segudang di belakang itu?
N:iya. Bawel ah. Bawa belanjaan masuk tuh.
I : eh, nyah. Ijin pinjem gudang belakang ya?
N: buat apa? (melirik judes)
I :buat nabung. Mau beli truk buat pak-e di kampung 
N: ijaaaaaaaaaaaaah*#@$€¥`

Masak Hati

I: Nyah, masak apa kita hari ini?
N: masak hati 
I : hati siapa yg dimasak, nyah? 
N: hatimu *kesel bin dongkol
I : nyonyah... Jangan... Kangmas udah wanti2 hati saya udah jadi milik dia. Nyonyah... Jangan... Jangan diambil *nangis lebay 
N: ijaaaaaaaaaaaah *#@*#@*!!!

Ijaaaaah

Nyonya (N): Ijaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah
Ijah (I): iya nyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah
N: Ijaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa
I : Iya, Nyah. 
N: Ijaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah
I : Nyonyah. ada apaan sih manggil2?
N: gpp. pengen aja panggil kamu
I : !@#$%^&*&^%$$$

*mendadak kangen main Ijah Nyonyah lagi =))

Bacaan Bulan Agustus 2012

Review singkat:


1.  Full Moon Lover - Donatus A. Nugroho.
Kisah romantis seorang Bulan Purnama dengan Kartiko Aji, pengusaha sukses di Solo. Saya suka dengan lika liku konflik yang diciptakan penulis. Sederhana namun meninggalkan jejak setelah kita menutup buku.

2.  Holiday Princess - Meg Cabot.
Beberapa cerita lepas tentang hari raya dari berbagai versi para bangsawan.

3.  Mahatma Gandhi - Komik.
Sebuah biografi Gandhi yang dikemas dalam komik terbitan Gramedia. Sangat menarik. Jalinan ceritanya sederhana namun tetap detail memuat sejarah hidup Gandhi dari lahir hingga meninggal. Buku ini cocok untuk dibaca oleh anak-anak maupun orang dewasa.

4. Saat Pertamaku: Berkunjung ke Rumah Sakit - Eve Marleau Dan Michael Garton.
Buku yang menarik agar Ana tidak takut pergi ke rumah sakit untuk diperiksa dokter.

5.  Perjuangan Cinta (Meant to be Married) - Ruth Wind
Pertikaian keluarga selama seabad membuat cinta Elias Santiago dan Sarah Greenwood tak bisa bersatu. Meski berpisah selama 12 tahun ternyata cinta mereka tak pernah berkurang. Mereka memutuskan untuk bersatu kembali. Meski tak mudah, mereka bekerja keras untuk bisa menikah. Akhirnya, mereka bisa menikah dengan dukungan keluarga besar kedua belah pihak mempelai.

6. Dad Today, Groom Tomorrow (Menaklukkan Sang Buah Hati) - Holly Jacobs.

Louise meninggalkan Joe tanpa Berita. Tujuh tahun kemudian mereka bertemu kembali. Joe Baru tahu kalau Louise meninggalkannya saat mengandung Aaron. Kisah cinta mereka dimulai lagi. Lebih menarik Dan penuh dilema

Bacaan Bulan Juli 2012


1. Camille: Tidak Mau Mandi - Aline de Petigny & Nancy de Ivanx
Buku anak yang sederhana namun mampu mengirimkan pesan yang kuat. Pesannya juga tidak klise. Saya paling suka dengan ilustrasinya.

2.  Shinagawa Cat Story 1 (komik) - Kana Nishida
All story about cat. Komik yang lucu. Satu hal yang menarik, tokoh dalam beberapa bagian saling bersinggungan. Ada beberapa sequel cerita bisa dinikmati secara terpisah meski saling bersambung dengan tokoh atau setting sebelumnya.

3.  The 1 Pound Gospel Vol. 4 (komik) - Takahashi Rumiko
Hatanaka seorang petinju kelas bulu yang sedang merintis karir. Perjuangannya banyak aral melintang namun selalu pantang menyerah. Begitupun dengan cintanya pada seorang calon suster di Biara. Cerita yang ringan namun menyentuh.

4.  Lady Diana (Komik) - G. Wu
Biografi Lady Diana yang dikemas dalam komik. Lumayan menghibur untuk refreshing.

5.  Warisan Spanyol - Susan Stephes
Sebuah novel terjemahan Gramedia. Cinta kasih romantis layaknya film hollywood. Saya baca ini dalam rangka belajar membuat novel romantic untuk sebuah lomba.

Wednesday, 12 September 2012

Wisata Bahari Tanjung Kodok 1



[Multiply: 1 januari 2006]

Tanjung kodok sekarang sudah berubah. full make up hehehheh. Jatim Park 2 lebih dominan dibandingkan dengan Pantai Tanjung Kodok. aku mikirnya kayak Jatim Park 1 di Malang yang gak bagus-bagus amat pemandangannya. jadi aku gak bawa kamera. ntar pake HP saja aah. eeeh, ternyata. Jatim Park 2 bagus banget. lautnya, arena bermainnya, bangunannya Subhanallah cantik banget. apalagi aku bisa main kano sepuasnya disana hehehe





Pinggir Dermaga


Kapal Mini


di tebing pantai deket menara orange ada patung lumba-lumba. imut2, lucu banget. pengen tak bawa pulang deh :D


di arena remote control perahu mini aku jatuh cinta sama penataannya. dipinggir aliran sungai tuh dikasih miniatur tugu2. jadinya gak bosen kalau ngejalanin kapal mininya.


di atas arena kapal mini ada patung pinguin kecil2 banyak banget. letaknya di sepanjang pantai sampai menjorok ke laut. duuh gemesnya.


tempat ini dinamakan tanjung kodok gara2 ada batu besar yang menjorok ke laut kebetulan bentuknya kayak kodok :D


Tempat main kano sepuasnya


Taman bermain