Friday, 21 January 2011

Jejak Mawar Hilang

Judul : Jejak Mawar Hilang

Penulis : Linda Herliantina Utomo

Penyunting : Dadan Ramadhan & hendra W.

Penerbit : Dar! Mizan

Cetakan : 1, Februari 2010

Tebal : 144 halaman

Aryo, Jalu, Dul dan Iqbal adalah empat sekawan yang gemar bertualang menjadi detektif cilik. Sewaktu libur sekolah, Iqbal diundang Paman Jatomo datang ke rumahnya. Paman Jatomo mengijinkan Iqbal mengajak teman-temannya. Tentu saja, ketiga sahabat detektif cilik yang diajak Iqbal.

Mereka berempat yang tinggal di pesisir pantai pulau Jawa akan berlibur di lereng gunung. Mereka senang sekali dengan rencana liburan ini. Apalagi Bibi Ruspita pandai memasak. Mereka dijamu dengan aneka makanan lezat menggugah selera. Dul yang gemar makan, semakin kerasan saja tinggal di rumah Paman Jatomo.

Mereka dikejutkan dengan berita koran setempat, yang memuat tentang penculikan. Hal ini menarik perhatian empat sekawan itu. Mereka mulai menyelidiki tentang hilangnya seorang anak dari Padepokan Silat. Penelusuran petunjuk mengarah ke Lembah Ilalang. Empat detektif memutuskan untuk pergi ke Lembah Ilalang untuk memulai penyelidikan.

Ternyata penyelidikan ini tidak berjalan lancar. Salah seorang anggota empat detektif hilang. Dul yang hilang membuat panik ketiganya juga Pak Samin. Seorang penunjuk arah yang disewa mereka untuk mengantar ke Lembah Ilalang.

Meski sempat panik dan cemas akan keselamatan temannya, untung mereka berhasil menemukan Dul. Bahkan bersamaan dengan diketemukannya Mawar, anak dari Padepokan Silat. Komplotan penculik juga bisa diringkus dengan bantuan Bapak-Bapak Polisi.

Mengikuti petualangan empat detektif ini mengasyikkan. Setting cerita yang detail membuat saya semangat mengikuti hingga akhir. Penulis juga memberikan tebakan setting lokasi cerita. Seperti misalnya tempat tinggal Paman Jatomo tidak disebutkan nama kotanya. Penulis hanya menyebutkan sebagai kota tempat lahirnya Jendral Sudirman. Menurut saya, buku ini akan lebih menarik jika lebih banyak lagi memaparkan trik-trik dan berbagai petunjuk ketika empat sekawan memecahkan kasus penculikan Mawar.(Ugik)

No comments:

Post a Comment